Uncategorized

5 Peninggalan Kerajaan Kalingga di Pulau Jawa

Kerajaan Kalingga merupakan sebuah kerajaan yang bercorak Hindu Buddha yang berada ide Jawa Tengah. Kerajaan ini ada sejak abad ke-6 Masehi. Sejarah keberadaan kerajaan ini bisa dilihat dari ebrbagai macam jejak peninggalan yang ada. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu :

  1. Prasastu Tuk Mas

Prasasti Tuk Mas merupakan sebuah prasasti yang berada di Lerwng Barat Gunung Merapi. Prasasti ini berisi mengenai pesan yang berhubungan dengan hubungan manusia dan dewa-dewa hindu.

  1. Prasasti Sojomerto

Prasastu Sojomerto berada di Desa Sojomerto Jawa Tengah. Prasasti ini berisi tulisan silsilah keluarga Dapunta Syalendra yang merupakan seorang tokoh pendiri kerajaan Kalingga.

  1. Candi angin

Candi angin  bisa dijumpai di kecamatan Keling. Berdasarkan sejarah candi ini pernah dijadikan sebagai tempat penyembahan. Hal ini karena bisa dilihat dari struktur bangunannya yang mana terdapat sebuah pusaran angin.

  1. Candi Bubrah

Candi Bubrah berada di Desa Tempur Jepara. Candi ini mempunyai pintu utama yang berjarak 500 meter sebelum menuju ke area pusat kompleks candi angin.

  1. Situs Puncak Songolikur

Puncak Songolikur ini merupakan sebuah situs yang berada di atas puncak tertinggi gunung Muria Jawa Tengah. Di tempat ini banyak ditemukan arca dan beberapa tempat-tempat pemujaan, Konon tempat ini memang menjadi tempat yang keramat dan masih dijadikan tempat pemujaan hingga sekarang.