Technology

Cara Mengatur Spasi Di Word Agar Tampilannya Mudah Dibaca

Masih banyak pengguna awam yang kurang mengerti tentang cara mengatur spasi di word. Padahal, Microsoft Word sendiri sudah menyediakan fitur untuk menyetel jarak spasi pada dokumen yang dibuat oleh pengguna.

Pada dasarnya, pengaturan spasi ini dilakukan untuk meningkatkan kerapian. Begitu pula, memungkinkan tulisan lebih mudah dibaca.

Tidak hanya itu saja, terkadang penulisan dokumen diharuskan untuk menggunakan spasi sesuai ketentuan. Jika ini memang sedang Anda hadapi, Anda bisa menengok cara mengatur spasi di word di sini.

Kami bagikan pula bagaimana cara mengatur jarak antar paragraf. Jadi, mari perhatikan informasinya berikut ini.

Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word

Terdapat cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatur jarak spasi tulisan dalam word. Format ini jauh lebih mudah. Anda hanya perlu menyorot dokumen yang ingin diformat spasinya.

Blok dokumen yang ingin diberikan spasi khusus. Bila ingin menyeleksi seluruh teks, cukup tekan CTRL+A. Maka, seluruh dokumen akan terseleksi dan siap untuk diatur spasinya.

Setelah itu, lakukan pengaturan spasi. Caranya cukup dengan masuk ke tab Home. Kemudian, tekan opsi Line and Paragraph Spacing. Opsi ini terdapat dalam kelompok menu Paragraph.

Di sini, Anda tinggal memilih jarak spasi yang sudah tersedia. Misalnya apakah diisi dengan format 1.0 atau 3.0 dan lain sebagainya.

Tetapi bila ingin menggunakan spasi khusus, silahkan pilih Line Spacing Options. Di sini, lakukan pengaturan sesuai keinginan. Contohnya memilih Exatly di mana jarak spasi dalam baris ini akan diukur berdasarkan poin seperti ukuran font.

Cara Mengatur Jarak Paragraf di Word

Kerapian dokumen juga menyangkut pada pengaturan jarak antar paragraf. Selain menerapkan cara mengatur spasi di word, Anda pun seharusnya mengatur jarak paragraf. Mengenai metodenya terbagi menjadi dua.

  1. Metode Pertama

Format pertama ini masih menggunakan langkah yang serupa dengan bila Anda mengatur jarak spasi. Yakni dengan masuk ke tab Home dan menekan Line and Paragraph Spacing.

Pada menu drop down, Anda perlu memilih Add Space Before Paragraph. Hasilnya, paragraph yang Anda buat akan secara otomatis memiliki jarak cukup lebar.

Tentunya, cara ini akan memudahkan orang dalam membacanya. Bahkan, mengenali satu paragraph utuh yang memungkinkannya untuk membacanya tanpa kesulitan.

  1. Metode Kedua

Sementara metode kedua ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan tab Design. Metode ini dinilai lebih mudah lantaran Anda pun mengetahui seperti apa tampilannya jika menggunakan opsi pengaturan tersebut.

Alasannya, terdapat preset yang memunculkan seperti apa tampilan dokumen setelah dilakukan penjarakan. Jadi, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pengaturan secara tepat.

Mengenai langkahnya, silahkan masuk ke menu Design. Kemudian, tekan menu Paragraph Spacing.

Muncul beberapa opsi dalam menu drop down. Misalnya Anda memilih opsi double, praktis jarak antara paragraph akan ganda. Makanya, jaraknya tampak lebih lebar di tiap paragrafnya.

Cara Menjaga Format Spasi dan Paragraf

Penting diingat bahwa format ini akan kembali secara default. Artinya, Anda perlu mengaturnya setiap kali ingin menggunakan format berbeda.

Supaya tidak sering melakukan pergantian, ada baiknya jika Anda menjaga formatnya. Caranya pun sangat mudah.

Anda hanya perlu menggunakan fitur persis saat mengatur spasi. Yakni di Home dan Line and Paragraph Spacing.

Setelah itu, pilih opsi Line Spacing Option. Kemudian, lakukan pengaturan seperti yang dikehendaki.

Langkah terakhirnya ialah dengan menekan menu Set As Default. Maka, pengaturan ini akan terjaga meskipun Anda menutup aplikasi tersebut.

Itulah bagaimana cara mengatur spasi di word dan paragraph. Untuk tutorial lengkapnya, Anda bisa juga menemukannya di situs neotekno.