Umum

Pantas Diminati, Ternyata Inilah Keuntungan Investasi Emas!

Emas menjadi produk investasi yang paling diminati oleh para investor. Pasalnya, banyak sekali keuntungan investasi emas jika dibandingkan dengan instrumen lainnya.

Biasanya, perusahaan akan memilih emas ini untuk menjaga asetnya ketika muncul sebuah kondisi yang bisa mengancam kekayaannya. Karena, emas dinilai lebih tahan terhadap fluktuasi.

Sederhananya, emas ini dijadikan sebagai aset untuk mempertahankan nilai kekayaan. Oleh karenanya, sangat pas ketika Anda juga menginvestasikan uang dalam bentuk tabungan emas.

Untuk memastikan bagus tidaknya investasi ini, mari perhatikan keuntungan investasi emas berikut ini.

Fluktuasi Lebih Rendah

Perlu disadari bahwa emas juga dapat mengalami fluktuasi. Nilainya bisa turun dan naik. Hanya saja, fluktuasi ini tidaklah seekstrem dari instrumen lainnya.

Berbeda jika Anda memilih produk dalam pasar uang. Memang hasilnya meningkat. Namun, nilai dari uang setiap tahunnya semakin menurun.

Penurunan nilai uang terkadang cukup tinggi. Bisa saja, nilainya jika dikonversikan dengan saat penanaman modal, nilainya tetap sama atau malah lebih kecil.

Misalnya jika hari ini Anda bisa membeli beras seharga Rp10.000 per kilo, bisa jadi tahun depan Rp10.000 hanya dapat membeli beras setengah kilo gram saja. Jadi, profit yang didapatkan dari investasi di pasar uang terasa tidak memberikan dampak untung yang luar biasa.

Berbeda dengan emas. Emas ini tetap akan bernilai di masa depan. Karena, emas biasanya dijadikan sebagai acuan untuk menilai sesuatu.

Bebas Pajak

Keuntungan investasi emas yang selanjutnya ialah bebas dari pajak. Ketika Anda memiliki emas, perusahaan tidak akan memotong jumlah tabungan emas Anda.

Berbeda jika Anda menggunakan saham. Perusahaan bisa saja mengambil beberapa lembar saham sebagaimana yang disyaratkan.

Tidak adanya pajak memungkinkan emas Anda jauh lebih aman nilainya. Ketika meningkat harga jualnya, inilah yang akan membuat Anda untung lebih besar.

Bisa Dibeli dan Dijual Kapan Saja

Keunggulan lain dari investasi emas ialah lebih fleksibel. Investor bisa memanfaatkan emas untuk memenuhi kebutuhan mendadak. Misalnya butuh biaya saat ini, investor dapat menjual dan mencairkan dana langsung ke rekening.

Selain itu, investor pun bisa melakukan pembelian emas kapan saja. Terutama bagi investor yang sudah memanfaatkan layanan investasi emas digital.

Ketika melihat nilai emas sedang turun, investor bisa melakukan pembelian sesuai kemampuan. Sebaliknya ketika nilainya tinggi, investor dapat menahan diri untuk membelinya.

Situasi ini pun mirip dengan trading. Dengan trading, Anda bisa mendapatkan profit dari dua arah. Baik dari transaksi beli atau pun jual pada pasangan mata uang asing.

Jika Anda tertarik mengikutinya, pastikan untuk memilih broker forex terbaik di dunia. Setidaknya, broker inilah yang akan membantu Anda dalam menjalankan kegiatan trading denganĀ aman.

Melindungi Kekayaan

Keuntungan yang terakhir, emas bisa dijadikan aset berharga untuk melindungi total kekayaan yang didapat dari bekerja atau berbisnis. Dan ini memang menjadi salah satu media yang dimanfaatkan oleh hampir seluruh pemilik perusahaan.

Alasannya, nilai emas ini cenderung lebih stabil. Memiliki nilai di tiap tahunnya sesuai dengan tingkat kekayaan di masa kini. Bahkan, bisa lebih besar ketika seseorang dapat menjualnya pada saat nilainya sedang naik.

Untuk kekurangannya, Anda disarankan untuk mengamankannya. Ketika Anda mencetak dan menyimpannya di rumah, usahakan untuk menempatkannya di area yang lebih aman.

Sementara bila menabung emas secara online, pastikan memilih perusahaan yang kredibel. Setidaknya, perusahaan ini menawarkan layanan untuk melindungi sistem dari pencurian atau pembobolan.

Itulah beberapa keuntungan investasi emas yang membuatnya menjadi instrumen paling bernilai dibandingkan jenis lainnya. Jika Anda ingin melakukannya, cukup temukan perusahaan yang kredibel agar keamanan investasi ini terjaga.