Technology

Cara Mudah Migrasi WordPress dari Localhost ke Hosting

Saat mengutak atik website yang memakai Cms WordPress apabila di akses di localhost terkadang menjadi lebih mudah. Bahkan kita bisa mengakses tanpa perlu memikirkan koneksi internet seta bisa kapan saja.

Lalu setelah development selesai selanjutnya kita baru memikirkan agar website kita menjadi bisa di akses.

Cara Melakukan Migrasi WordPress dari Localhost ke Hosting

Di bawah ini akan kami berikan cara untuk melakukan migrasi wordpress dari localhost ke hosting, setelah kamu berhasil memberli Hosting Murah :

1. Siapkan File Kompresi dari WordPress

Untuk langkah awal, sebelumnya kita bisa pastikan terlebih dahulu website yang akan kita migrasi sudah siap.

Dan pada contoh dibawah ini kita akan melakukan migrasi pada website dengan alamat http://localhost/coba atau http://127.0.0.1/coba.

Langkah berikutnya yaitu dengan melakukan kompres folder website yang terdapat di file manager. Apabila kita menggunakan XAMPP atau yang sejenisnya maka biasanya folder itu ada di C:\htdocs.

Jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu folder yang sudah di kompres tersebut isinya website yang akan kita migrasi.

2. Export Database WordPress Localhost

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengakses database lewat PhpMyAdmin atau bisa masuk ke alamat http://localhost/phpmyadmin. selanjutnya kita lakukan export data base yang digunakan.

Apabila kita ingin mengetahui nama database yang digunakan maka kita bisa lihat di file C:\xampp\htdocs\coba\wp-config.php.file tersebut secara otomatis akan terdownload dengan menggunakan format .sql.

3. Upload File Kompresi ke Hosting

Pada langkah ini, server yang kita pakai yaitu server hosting PENS, yang memiliki alamat di http:\\mmbb.alioke.lecturer.pens.ac.id\.

Agar kita bisa mengupload file maka kita melakukan login terlebih dahulu di halaman cpanel. Kemudian buka file manager.

Berikutnya upload file kompresi yang berformat .zip ke folder public_html. Setelah itu lakukan dekompres file tersebut, selanjutnya kasih nama yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

Apabila langkah diatas sudah selesai maka kita sudah bisa untuk melakukan pengecekkan halamam website http://mmbb.alioke.lecturer.pens.ac.id/.

Namun disini biasanya terjadi error kecil, hal ini disebabkan karena halaman website belum terintegrasi dengan baik.

4. Import Database WordPress ke Hosting

Kemudian untuk langkah berikutnya yaitu mengimport database yang sudah di export pada halaman cpanel.

Jadi sebelumnya kamu bisa lakukan akses di halaman cpanel, kemudian akses database. Atau kamu juga bisa langsung untuk mengakses http://mmbb.alioke.lecturer.pens.ac.ic/phpmyadmin.

Lalu kita buat database yang baru serta import file.sql hasil export pada langkah kedua.

5. Integrasikan Website dengan Database

Kemudian untuk langkah yang kelima ini supaya website bisa berjalan dengan baik maka kita juga perlu untuk mengintegrasikan website dengan menggunakan database.

Dalam melakukan integrasi tersebut bisa disesuaikan dengan nama database yang digunakan. Untuk langkah-langkahnya yaitu buka file manager dalam cpanel dengan cara mengakses public_html>coba. Setelah itu edit file wp-config.php.

Disini kita juga bisa ubah nama, username serta password database yang disesuaikan dengan database yang sudah diimport.

Agar kita bisa mengetahui nama, username serta password database maka kita bisa melihatnya di halaman cpanel, kemudian pilih mysql manager.

Selanjutnya untuk langkah yang terakhir yaitu dengan membuka database, kemudian lakukan edit di bagian wp-options. Setelah itu ubah semua link website yang sebelumnya localhost diubah menjadi link website yang baru di bagian option_value.

Apabila langkah-langkah tersebut diatas sudah bisa kamu lakukan dengan baik dan berhasil maka kita bisa mengakses halaman website dengan alamat di http://mmbb.alioke.lecturer.pens.ac.id/coba.

Dan itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk migrasi website dari localhost ke hosting. Semoga bermanfaat.