Kesehatan

Obat Herbal untuk Kolesterol

Pada dasarnya kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, itu dapat berbahaya bagi tubuh Anda. Sebab, kolesterol akan menumpuk pada pembuluh darah dan akan mengganggu aliran dalam dalam tubuh. kolesterol tinggi sendiri tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga banyak orang tidak sadar memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Terdapat beberapa pilihan yang dapat deherba berikan kepada Anda, mulai dari suplemen penurun kolesterol, obat-obatan kimia yang diberikan kepada dojter, hingga obat tradisional atau obat herbal kolesterol. Lantas apa saja obat herbal untuk kolesterol? Berikut ini beberapa obat herbal yang digunakan untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh Anda:

  • Jahe

Jahe dikenal sebagai bumbu rempah yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu dapat menjadi obat herbal untuk kolesterol tinggi. Hal ini dibuktikan dari beberapa penemuan yang terjadi. Salah satunya yaitu penelitian yang dimuat dalam Saudi Medical Journal. Penelitian tersebut melakukan uji coba penggunaan 3 gram bubuk jahe.

Kemudian 3 gram bubuk jahe tersebut diberikan kepada 85 orang selama 45 hari untuk menurunkan kolesterol. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa penggunaan jahe sebagai obat herbal yang berhasil menurunkan kadar kolesterol secara menyeluruh pada sebagian besar individu.

  • Flaxseed

Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengenal flaxseed. Padahal, flaxseed ini merupakan salah satu biji-bijian yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya yaitu sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, flaxseed memiliki kandungan serat larut yang tinggi yang mana dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Untuk cara mengonsumsinya, Anda bisa mengonsumsi flaxseed dalam bentuk bubuk yang dicampurkan pada makanan. Anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung dalam bentuk asli dari flaxseed.

  • Daun Suji

Obat untuk kolesterol selanjutnya yang dapat deherba berikan yaitu daun suji. Hal ini diakrenakan, di dalam daun suji terdapat kandungan saponin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mengonsumsinya, Anda hanya cukup merebus daun suji sampai mendidih. Namun, sebelum Anda merebusnya, cuci bersih terlebih dahulu daun suji tersebut.

  • Daun Salam

Selain menjadi bumbu penyedap rasa, daun salam ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk penyakit kolesterol. Hal ini dikarenakan, daun salam mengandung flavonoid dan antiokasidan yang bermanfaat mengontrol kadar kolestorel dalam tubuh.

  • Daun Jati Belanda

Daun jati belanda juga dikenal efektif dalam menurunkan kolesterol dalamtubuh. Sebab, daun jati belanda ini mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, asam folat, damar, sterol, dan tannin yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Angkak

Tanaman yang dapat deharba berikan yang dapat menyembuhkan kolesterolĀ  yaitu angkak. Angkak atau yang biasa disebut sebagai red yeast. Red yeast ini merupakan tanaman herbal lain yang dianggap dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Dalam penggunaannya, sebagai obat herbal, angkak memiliki senyawa kimia yang mirip dengan obat statin.

Senyawa kimia tersebut dikenal dengan nama monocolin K. Nyatanya bukan hanya untuk kolesterol saja, namun angkak juga dipercaya dpat melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan fungsi pencernaan. Angkak dibuat dengan cara fermentasi degan menambahkan ragi Monascus purpureus pada beras merah.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Anda tentu bisa menggunakan obat herbal untuk kolesterol tinggi sebagai alternatif jika kurang yakin untuk menggunkan obat lainnya.Meski begitu, Anda juga tetao membutuhkan pengawasan dari dokter.