Beberapa Penyebab Perubahan Iklim yang Terdapat pada Makalah Tentang Pemanasan Global

Pasti anda sudah tidak asing dengan salah satu laporan penelitian yang disebut dengan makalah. Di Dalam makalah terdapat beberapa bagian salah satunya bagian latar belakang. Bagian ini menjelaskan terkait beberapa faktor serta penyebab hal yang ingin diteliti. Jika anda ingin membuat makalah tentang pemanasan global, berikut beberapa penyebab yang dapat ditulis pada latar belakang.

Penyebab Perubahan Iklim

  1. Meningkatnya Gas Rumah Kaca

Adanya gas rumah kaca terjadi karena proses pembakaran minyak bumi, gas alam, hingga bahan bakar batu bara yang berlebihan. Semua hal tersebut dapat membuat pemanasan yang terpantul dan tidak ditembuskan ke ruang angkasa. Namun justru akan kembali lagi ke bumi yang akhirnya terjadilah perubahan iklim.

  1. Polusi Udara

Jangan salah, polusi udara yang berasal dari kendaraan motor yang anda gunakan juga menyumbang terjadinya pemanasan global. Ini terjadi karena kendaraan motor, mobil maupun kendaraan lainnya akan menghasilkan gas karbon dioksida. Dengan adanya gas karbon tersebut akan mengakibatkan panas yang tidak dapat diteruskan lagi ke angkasa, dan terus mengendap di bumi.

  1. Adanya Efek Rumah Kaca

Penyebab kedua yang bisa anda gunakan di latar belakang makalah tentang pemanasan global yaitu efek rumah kaca. Kejadian ini merupakan semacam istilah yang sering dipakai untuk menggambarkan kondisi  bumi memiliki efek seperti rumah kaca. Dimana panas matahari akan terus terperangkap dalam atmosfer bumi dan tidak bisa di lanjutkan ke ruang angkasa.

Sebenarnya efek rumah kaca ini memiliki manfaat, seperti dapat menghangatkan bumi sekitar 59 Derajat Fahrenheit, hingga mampu membuat kehidupan di bumi menjadi lebih baik lagi. Tanpa adanya efek rumah kaca ini bumi akan terasa beku serta tidak dapat ditempati. Namun jika kadar ERK tersebut berlebihan juga berdampak pada iklim serta cuaca di bumi.

  1. Boros dalam Penggunaan Listrik

Tanpa anda sadari bahwa dengan anda boros dalam menggunakan listrik juga dapat memicu terjadinya global warming. Hal tersebut terjadi karena adanya penguapan secara besar-besaran pada listrik yang terlalu sering masyarakat gunakan. Maka dari itu pemerintah selalu menghimbau untuk menggunakan listrik secukupnya atau tidak boleh berlebihan.

Himbauan tersebut terutama jika anda lagi bepergian. Dimana anda diharapkan untuk selalu mencabut aliran listrik yang ada di rumah. karena selain untuk menghemat juga dapat mengurangi penyebab dari pemanasan global yang ada di dunia. Hal tersebut juga berlaku untuk anda yang stay di rumah, diharapkan untuk mengurangi berbagai macam peralatan dapur yang menggunakan aliran listrik.

  1. Penggundulan Hutan

Penggundulan selain merusak ekosistem hutan juga secara tidak langsung dapat menimbulkan pemanasan global. Perlu diingat bahwa dengan adanya hutan dan berbagai macam tumbuhan yang menjulang tinggi, mampu menekan kadar karbon dioksida yang berkontribusi terjadinya perubahan iklim.

Sehingga jika anda sudah melihat kondisi hutan yang mulai gundul, alangkah baiknya menggerakkan masyarakat untuk reboisasi atau penanaman hutan kembali. Karena dengan kegiatan tersebut dapat menjaga ekosistem lingkungan, dan pastinya kasus pemanasan global bisa di teratasi.

  1. Penggunaan CFC yang Berlebihan

Seperti yang anda tahu CFC merupakan bahan kimia yang diproduksi untuk dijadikan berbagai macam peralatan rumah tangga. Bahkan peralatan tersebut pasti ada di setiap rumah anda. Contoh yang paling umum yaitu kulkas dan juga pendingin ruangan atau AC. Bahan kimia tersebut dapat mempengaruhi perubahan iklim di lingkungan anda.

Itu tadi gambaran singkat mengenai contoh makalah terkait penyebab perubahan iklim yang dapat anda tuliskan pada latar belakang masalah. Jangan lupa untuk terus menjaga alam seperti mengurangi penggunaan listrik yang berlebihan, kurangi penggunaan AC dan kulkas yang mengandung CFC dan masih banyak lagi.